6 Tips Copywriting Mendongkrak Penjualan Onlineshop

Kategori: Internet, Online, Tips

Apa sih COPYWRITING itu?

Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan, yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan – tulisan ini di disebut copy. Copy dibuat agar pembaca mulai membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang kamu inginkan dari tulisan kamu.

Cara Tips CopywritingNah, copywriting dalam beriklan, menurut saya pribadi pada dasarnya, adalah ibarat saat berpakaian untuk pergi first date. Kalau terlalu polos, seringkali tidak menarik. Namun kalau terlalu berlebihan dan lebay, maka calon pasanganmu juga akan risih. Intinya bagaimana caranya agar pakaian kita tersebut dapat terlihat menarik di mata calon pasangan kita, namun tidak juga sampai berlebihan dan membuatnya risih. Kurang lebih seperti itulah copywriting dalam beriklan, tugasnya mempercantik, namun tidak berlebihan

Ada 6 Point penting dalam membuat suatu paket copywriting yang menarik.

1) Attention
2) Connection
3) Interest
4) Desire
5) Scarcity
6) Action

Mari kita bahas satu persatu.

1) Attention

Di level ini, tugas kita adalah mencuri atensi/perhatian audience kita
Disini selain visual, HEADLINE/judul lah yang paling berpengaruh.
Kalau saya biasanya menambahkan icon dan huruf capital pada headline iklan saya

Beberapa contoh headlinenya begini, anggap saja kita jualan obat penumbuh brewok ya:

🔴 Nggak ada GEN? NGGAK MASALAH.🔴
⚠️ SOLUSI untuk kamu yang pengen BREWOK ⚠️
➡️ Pengen BREWOKAN LEBAT biar MACHO? ⬅️
⛔️ BELI 1 DAPAT 2, KAPAN LAGIIIII~ ⛔️

2) Connection

Harus terjadi koneksi atau hubungan antara kamu dan audience iklan kamu.
Seakan-akan kamu merasakan apa yang mereka rasakan
Contoh ya,
“Udah nyoba berbagai obat brewok tapi hasilnya php? Oles sana, oles sini, tapi hasilnya nihil. Sama, saya juga dulu begitu. Tapi sekarang sih udah enggak, soalnya udah pake OBATBREWOKXYZ. Masa ya, hanya dalam 4 bulan aja, brewok saya udah lebat loh.”
Kurang lebih seperti itu

3) Interest

Buat audience iklan kamu tertarik

Berikan data/fakta, studi kasus, alasan dan lain-lain
Contohnya ya,
“Udah pada tau belom? Survey di London pada tahun 2004 menunjukkan, 84% pemakai OBATBREWOKXYZ mengalami pertumbuhan setelah 1 bulan pemakaian rutin.”
“Kami punya ratusan testimoni asli dari customer yang berhasil lho. Nanti cek aja foto-foto di timeline kami.”

4) Desire

Hampir sama seperti interest, tapi kita tembak di sisi emosionalnya,
Kasihtau manfaat-manfaat dan kelebihan produk kita
Contoh,
“Kandungan Biotin dalam OBATBREWOKXYZ berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan jaringan sel rambut. Dengan begitu, brewok macho yang kamu idam-idamkan akan cepat tumbuh setelah beberapa kali pemakaian rutin.”
“Vitamin B12 di dalamnya akan membuat sel rambut kita semakin kuat. Jadi, kalau rambut kamu juga rontok dan bikin gak percaya diri, OBATBREWOKXYZ mampu lho mengatasi masalah tersebut.”

5) Scarcity

Beri urgensi ataupun kelangkaan dalam iklan kamu, bisa dalam bentuk waktu ataupun jumlah yang terbatas
Orang-orang sekarang super sibukkk, tanpa scarcity besar kemungkinan iklanmu akan diabaikan
Ok, contoh-contohnya ya,

“Buy 1 Get 1 Free KHUSUS untuk 25 pembeli pertama di hari ini!”

“Stok yang tersisa TINGGAL 50 botol. Siapa cepat dia dapat yah!”

“Penawaran Spesial di atas hanya berlaku di Minggu ini saja lho!”

Nah paham kan?

Yang terakhir,

6) Action

Beritahu langkah/tindakan yang harus diambil selanjutnya
Ini sifatnya WAJIB, jangan sampai terlewatkan
Misalnya,

“Yuk Brewokan! KLIK link berikut ini untuk pemesanan >>> http://yayayaya.com”

“Pesan Sekarang!
Segera hubungi CS kami di,
LINE : @obatbrewokxyz
WA : 081219721823”

Yak, SELESAI

Gimana, mudah-mudahan cukup jelas yah..

Itulah tadi framework yang digunakan dalam membuat copywriting iklan.

tags: , , , , ,

Tolong Tinggalkan Komentar Disini:

Tuliskan Komentar

Jadilah yang pertama komentar!

avatar

Turorial Terkait "6 Tips Copywriting Mendongkrak Penjualan Onlineshop"