7 Langkah Mulai Bisnis Online Yang Tepat

Bagikan

Internet berubah begitu cepat sehingga satu tahun online setara dengan lima tahun di dunia nyata. Namun prinsip bagaimana memulai dan menumbuhkan bisnis online yang sukses sama sekali tidak berubah sama sekali.

Jika Anda baru memulai bisnis online kecil, tetaplah berpegang pada urutan ini. Jika Anda telah memulai bisnis online beberapa saat sebelumnya, lakukan tinjauan singkat dan lihat apakah ada langkah yang Anda abaikan, atau jangan pernah sempat melakukannya. Anda tidak bisa salah dengan dasar-dasar penting yang diuraikan pada artikel dibawah ini.

Langkah 1: Ketahui Kebutuhan Anda

Kebanyakan orang melakukan kesalahan awal dalam berbisnis, salah satunya seperti mereka lebih cenderung mencari produk lebih dahulu dibanding menentukan target pasar penjualan mereka nantinya.

Ini memang tidak sepenuhnya salah, namun sebagai orang yang baru ingin pertama kali memulai bisnis. Anda tentu harus melihat peluang besar untuk Anda. Nanti setelah Anda sudah mulai memiliki nama dan lajur sendiri dalam arti konsumen tetap, barulah untuk memperluas target pasar Anda dengan mencari produk terlebih dahulu.

Langkah 2: Tuliskan Kendala Bisnis

Ada formula bisnis yang mungkin memiliki pengaruh dalam kesuksesan seseorang dalam berbisnis, yaitu dengan mencatat dan memahami kendala-kendala apa yang mungkin akan dihadapi untuk bisnis yang akan dilakukan.

Perankan diri Anda sebagai calon pembeli atau diskusilah dengan seseorang, mengenai tentang kekurangan atau masalah-masalah kecil yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda saat itu. Ini penting untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin saja terjadi, sehingga Anda bisa lebih untuk siap dan bagaimana anda menghadapinya.

Langkah 3: Rancang Media Penjualan

Dikarenakan dalam kasus ini Anda akan mulai berbisnis secara online. Maka tentu Anda harus menentukan media yang Anda gunakan dalam berbisnis secara online.

Entah itu dengan membuat sebuah situs website untuk online store sendiri Anda, melalui social media seperti instagram, atau juga memanfaatkan dari kepopularitasan dari Ecommerce yang sudah memiliki nama seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya.

Langkah 4: Dapatkan Konsumen

Pertama kali memulai bisnis tentu Anda tidak akan langsung kebanjiran pelanggan. Disinilah proses yang paling berat dalam mulai sebuah bisnis. Tidak hanya pada bisnis offline, namun onlinepun juga begitu.

Maka mulailah dengan mencari pembeli sedikit demi sedikit agar nantinya anda mulai memiliki pelanggan tetap. Anda bisa mulai dengan mengiklankan produk atau jasa Anda di social media atau layanan iklan lainnya.

Langkah 5: Tetapkan Reputasi Terbaik

Setelah memiliki pelanggan yang sudah terhitung lumayan. Selanjutnya Anda perlu untuk mempertahankan reputasi Anda. Menurut beberapa pelaku bisnis, mempertahankan bisnis adalah salah satu yang paling sulit dalam sebuah bisnis.

Selama menjalani bisnis Anda, usahkan membuat pengalaman yang baik terhadap pelanggan Anda, sebab ini penting untuk menarik mereka untuk menggunakan jasa atau produk Anda kembali.

Langkah 6: Optimalkan Pemasaran

Setelah Anda berada di tahap kemakmuran dalam berbisnis. Anda tentu perlu untuk mengembangkan pemasaran Anda. Tidak hanya berjalan di tempat, Anda perlu membuat sesuatu lebih dari bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya membuat sebuah promo, penawaran dan beberapa pilihan lain yang menarik. Ini biasanya penting disaat statistic penjualan Anda mulai meredup. Namun tidak menutup kemungkinan Anda perlu melakukan hal ini kapan saja.

Langkah 7: Tingkatkan Pendapatan.

Salah satu strategi pemasaran internet yang paling penting adalah mengembangkan nilai seumur hidup setiap pelanggan. Sedikitnya 36 persen orang yang telah membeli dari Anda sekali akan membelinya lagi jika Anda menindaklanjutinya. Mengulangi penjualan pertama adalah bagian yang paling sulit. Jadi gunakan back-end selling dan upselling agar mereka bisa membeli lagi:

  • Tawarkan produk yang melengkapi pembelian aslinya.
  • Kirimkan kupon loyalitas elektronik yang dapat mereka tukarkan pada kunjungan berikutnya.
  • Tawarkan produk terkait di halaman “Terima Kasih” Anda setelah mereka membeli.

Reward pelanggan Anda untuk kesetiaan mereka dan mereka akan menjadi lebih setia.

Bagikan