Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen Dalam Bisnis

Bagikan

Sebuah bisnis sangat berkaitan dengan konsumen atau client yang menggunakan jasa, layanan ataupu produk yang kita tawarkan. Ini tentu dimana konsumen atau client menjadi salah satu yang terpenting untuk kelangsungan bisnis Anda dan sejauh mana bisnis Anda dapat berkembanga dan bertahan. Maka dari itu, Anda perlu membuat bisnis Anda benar-benar diminati oleh konsumen dan calon konsumen Anda.

Salah satunya dengan membangun kepercayaan agar calon maupun konsumen Anda benar-benar tertarik untuk menggunakan jasa, layanan atau produk Anda untuk jangka panjang. Ini juga berhubungan erat dengan loyalitas konsumen Anda dengan bisnis yang Anda jalankan. Beberapa pebisnis pernah mengatakan bahwa mempertahankan bisnis itu lebih sulit dibanding mendirikan bisnis, dan itu diamini oleh beberap pengusaha yang ternama di Indonesia berdasarkan wawancara di media bisnis forbes.

Lalu bagaimana cara membagung loyalitas konsumen untuk bisnis ?

Berikut ini akan dijelaskan sedikit ada 4 dari sekian banyak teknik atau metode yang umum digunakan untuk membangun loyalitas yang baik untuk konsumen dan calon konsumen terhadpa sebuah bisnis.

Ciptakan Kesan Pertama Yang Baik

Ada beberapa statement bahwa kesan pertama adalah pemikiran yang sulit terlepas dan paling diingat oleh seseorang terhadap suatu objek. Nah ini juga berlaku dalam sebuah bisnis.

Ketika seorang calon pembeli atau pengguna layanan bisnis Anda berkunjung atau mengakses situs Anda. Disinilah Anda bisa berusaha meningkatkan kepercayaan dan kesan mereka dengan Anda. Memang pada dasarnya calon pelanggan tidak selamanya akan langsung menggunakan atau membeli produk Anda. Namun jika mereka benar-benar menyukai produk dan cara Anda melayani mereka, maka kesan itulah yang tertanam di pikirannya. Sehingga kedepannya kemungkinan besar mereka akan kembali lagi menggunakan produk Anda, bahkan mungkin untuk jangka panjang.

Menciptakan Pelayanan Yang Baik

Ini berkaitan dengan poin pertama diatas, pelayanan yang baik akan menimbulkan kesan yang baik pula. Bahkan pelayanan bisa dikatakan sebagai ujung tombak dalam sebuah bisnis. Ini bisa menentukan apakah konsumen atau calon akan membeli produk Anda tidaknya.

Pengalaman yang buruk biasanya tidak hanya membuat calon konsumen batal membeli, namun juga memengaruhi penjualan ke pasar lainnya ketika calon itu melakukan ulasan buruk yang tidak dapat dihindari, terlebih jika orang itu memiliki influence yang besar.

loading...

Pelayanan yang baik bisa Anda tingkatkan dengan bersikap ramah, dan cepat tanggap untuk konsumen. Selain itu juga bisa dengan menyediakan berbagai jalur atau metode tercepat untuk memudahkan konsumen mendapatkan apa yang diinginkan.

Memahami Konsumen

Mungkin akan sangat mudah ketika berbicara mengenai generalisasi secara umum. Namun untuk kategori bisnis, ini tidak dapat dikaitkan. Mengingat setiap konsumen memiliki keinginan, selera kondisi yang berbeda-beda. Maka disinilah kemampuan Anda untuk memahami konsumen.

Buat sebuah seuatu yang related dengan calon konsumen. Misalnya ketika Anda menjual sebuah produk, dan konsumen datang ke Anda, maka Anda bisa menawarkan berbagai produk Anda yang mungkin nampak benar-benar sesuai harapan dan kebutuhan konsumen. Ini tidak hanya membuat kemungkinan mereka akan membeli, namun juga membuat konsumen merasa ditanggapi atau diperhatikan dengan baik.

Membuat Insentif

Sejak dahulu, bisnis sudah berkaitan dengan yang namanya insentif. Insentif sendiri bisa menjadi salah satu strategi bisnis yang paling menarik untuk calon konsumen. Insentif yang dimaksud adalah berbagai promo ataupun strategi pemasaran lainnya yang kemungkinan banyak diminati oleh konsumen atau pelanggan.

Bagikan

Pencarian Terkait

loading...