Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Audience Network Ads

Bagikan

Audience Network merupakan salah satu jaringan periklanan besutan perusahaan sosial media ternama yaitu Facebook Inc. Jaringan periklanan ini hampir serupa dengan Google Adsense yang dimana jaringan ini membayar publishernya beberapa komisi pendapatan dari setiap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna dimana publisher menayangkan iklanya. Hanya saja Audience Network tidak mendukung untuk semua pengalaman perangkat, dimana jaringan ini hanya mendukung untuk penayangan pada perangkat mobile termasuk smartphone dan tablet. Sama halnya pada Mobicow atau Google Admob, jaringan ini juga membayar penayangnya dalam program perhitungan PPC atau klik dan eCPM atau perimpresi.

Kelebihan dari jaringan periklanan facebook ini tidak lain karena jaringan ini memiliki ribuan merek ternama yang siap membelanjakan anggarannya untuk iklan di seluruh jaringan Facebook sehingga potensi penayangan iklan di situs atau apliaksi Anda akan semakin besar.

Jaringan iklan ini sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2013 yang lalu, namun sampai saat ini masih terus dalam pengembang untuk menawarkan pengalaman iklan yang baik untuk penerbit dan pengiklan yang tergabung dalam jaringan ini. Sehingga ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang memiliki media yang berlandaskan penayangan mobile seperti situs website berbasis pengguna mobile atau aplikasi. Lebih jelasnya mengenai cara melakukan registrasi, bisa dilihat pada langkah berikut:

Cara Daftar Facebook Audience Network

Hampir sama dengan Google Adsense, Audience network juga memiliki system penerimaan yang cukup ketat untuk setiap calon penayangnya yang melakukan registrasi. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

Langkah 1: Daftar Audience Network

Pertama, Anda harus mengakses laman audience berikut dengan menggunakan akun facebook Anda:

  • https://developers.facebook.com/docs/audience-network
  • https://developers.facebook.com/products/app-monetization/audience-network/

Kemudian tekan tombol “Mulailah Sekarang” atau “Start Now” di tampilan laman situs tersebut.

Sebuah popup menu pilihan penayangan akan muncul, dimana Anda memiliki pilihan dimana Anda ingin menayangkan iklan. Apakah melalui aplikasi seluler atau situs web. Jadi pilihlah salah satu yang sesuai.

Anda mungkin harus membuat tautan aplikasi Facebook, jadi cukup buat aplikasi baru dengan menekan tombol “Buat Aplikasi Facebook” atau “Create Facebook App”. Namun jika Anda sudah memiliki aplikasi yang telah Anda buat sebelumnya, maka cukup pilih “Lanjutkan” atau “Continue”.

Langkah 2: Membuat Unit Iklan

Setelah berada di laman Dashboard. Cukup pilih tautan “Buat Penempatan Iklan” atau “Create Ad Placement” untuk membuat unit iklan baru. Tersedia format Banner, Native, atau Interstitial (Khusus iklan aplikasi). Setelah itu Anda cukup memilih “Simpan” atau “Save”.

Pada bagian “Penempatan Aktif” atau “Active Placement”, Anda cukup emmilih unit iklan yang baru saja Anda buat sebelumnya dengan menekan tombol “Dapatkan Kode” atau “Get Code”. Cukup salin kode itu ke html situs atau aplikasi Anda.

Selanjutnya, Anda dapat untuk menambahkan situs web atau aplikasi dimana Anda ingin menempatkan unit iklan tersebut. Cukup pilih “Aplikasi dan Situs Web” atau “Apps and Website”.

Langkah 3: Menunggu Masa Tinjau

Nah setelah memasukan situs atau aplikasi. Anda akan melalui tahap peninjauan atau review. Masa review ini memiliki jangka waktu yang beragam, namun biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari masa kerja.

Nah itulah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk daftar jaringan periklanan dari Facebook Audience Network. Jaringan periklanan ini mungkin tidak seluas seperti Google Adsense. Namun ini menjadi salah satu yang terbaik dengan nilai pembayaran yang masuk diakal untuk skala penayang iklan basis domisili Indonesia.

Bagikan