5 Cara Mengukur Usia Fisik Seseorang

Bagikan

Anda mungkin pernah melihat tampak orang yang terlihat jauh lebih tua dari usia biologisnya atau mungkin sebaliknya dimana Anda melihat orang yang memiliki tampak fisik lebih mudah dari usia biologisnya.

Itu semua bisa saja terjadi karena beberapa faktor dan pola hidup sehari-hari. Namun diluar itu, Anda bisa mengukur atau menghitung sendiri berapa usia fisik Anda sejatinya. Dengan ini Anda bisa menentukan pola hidup apa yang seharusnya Anda lakukan kedepannya.

Berikut adalah 5 cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengukur atau menghitung usia fisik Anda sendiri atau orang lain.

Menguji Kondisi Fisik

Menguji kondisi fisik menggunakan denyut nadi adalah salah satu caranya. Jatung seseorang merupakan salah satu oragan tubuh yang paling penting dan paling terkondisi besar untuk kelangsungan hidup seseorang.

Jantung yang normal berdetak antara 60 – 100 kali permenit. Tingkat idelanya adalah berada dikisaran itu dengan kata lain bahwa tidak lebih ataupun kurang dari itu. Namun pastikan saat Anda mengunji denyut nadi, Anda dalam keadaan rileks, bukan sesaat sebelum khawatir akan sesuai atau sembari berolahraga. Semakin mendekati detak denyuk 60 kali akan semakin baiknya.

Menguji Kelenturan Fisik

Anda mungkin pernah merasa tubuh Anda fleksibel atau lentur disaat masih muda-mudanya. Ini tentu dialami hampir semua orang normal lainnya. Namun seiring perkembangan usia, kelenturan fisik akan semakin menurun. Terlebih jika Anda tidak pernah atau sudah jarang melatih fisik Anda.

Cobalah duduk di lantai dengan punggung lurus, kaki bersatu, dan lengan di depan Anda di tingkat bahu. Kemudian cobalah raih kaki atau setidaknya ujung jari kaki Anda dengan tangan seperti gambar dibawah ini.

Tambahkan satu jika Anda bisa mencapai kurang dari 5 inci. Kurangi satu jika Anda memiliki 10 inci atau lebih. Baik menambah atau mengurangi jika Anda antara 5 sampai 10 inci.

Uji Kekutan Fisik

Selain dua cara diatas, Anda bisa mencoba menguji seberapa kuat fisik Anda. Seseorang dapat mengembang ototnya secara normal hingga usia 30 tahun. Namun untuk ukuran dan skalanya tergantung proses treatment atau latihan rutin yang dilakukan.

Cobalah menguji fisik dengan melakukan push up atau pull up. Seberapa banyak dapat Anda lakukan. Umumnya fisik terbaik adalah ketika Anda bisa melakukan pull up hingga 20 kali.

Mengukur Komposisi Tubuh

Tentukan rasio pinggang-panggul Anda. Apakah tubuh Anda membentuk seperti tabung gas atau galon air? Jika itu menurut Anda, cobalah mengukur lebar pinggang Anda. Jangan sampai tubuh Anda benar-benar berukuran seperti tabung gas elpiji 12 kg.

Untuk pengukuran pinggang ke pinggul, rasio lebih dari 1,0 untuk pria dan 0,85 untuk wanita menunjukkan bahwa Anda memiliki jumlah lemak tubuh yang lebih dari ideal di sekitar bagian tengah Anda.

Menghitung BMI Tubuh

Body Mass Index atau disingkat dengan BMI merupakan indeks atau ukuran yang dapat menjadi patokan sebagai postur dan ukuran tubuh yang ideal. Ada beberapa situs kalkulator bmi online yang dapat Anda akses untuk melihat apakah tubuh Anda sudah ideal atau tidak. Beberapa situs bmi itu diantaranya:

  • http://kesehatan.herbalife.co.id/peralatan-nutrisi/bmi
  • https://www.go-dok.com/kalkulator-bmi/
  • http://doktersehat.com/menghitung-berat-ideal-kalkulator-bmi/

Anda cukup mengisikan tinggi dan berat badan Anda, setelah itu sebuah hasil akan menunjukan score atau nilai fisik Anda. Termasuk indikator yang menandakan apakah ideal atau tidaknya.

Bagikan