Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010

Bagikan

Microsoft Word memberikan kemudahan Anda selama ini untuk mengetikan berbagai macam bentuk dokumen yang dibutuhkan. Mulai dari surat-surat kepentingan, lembaran proposal, jadwal, informasi, makalah, bahkan buku sekalipun.

Semua memiliki fungsi yang dilakukan hanya dalam satu software Microsoft Word ini. Namun dari sebagian bentuk dokumen yang umumnya kita temui, ada banyak part yang sering sekali bahkan dibutuhkan disebagian besar dokumen. Salah satunya adalah Daftar Pustaka.

Daftar pusataka tidak hanya dibutuhkan untuk keperluan dokumen Makalah atau buku saja. Melainkan sebuah dokumen yang dianggap memiliki lembaran dan bagian-bagian yang cukup banyak. Ini memudahkan seseorang untuk melangkah ke bagian-bagian tertentu yang dinginkan.

Nah, di Microsoft Word anda bisa melakukan ini dengan mudah tanpa harus melakukannya secara manual. Seperti kebanyakan orang, jika ingin membuat daftar isi, mereka cenderung melakukan secara manual seperti membuat baris titik-titik yang pencet dari keyboard secara manual dan begitu seterusnya.

Padahal di Microsoft word, Anda bisa melakukan itu semua secara otomatis. Bahkan sebuah format itu sudah tersedia bahkan kompatibel untuk disesuaikan keinginan atau kebutuhan. Selebihnya, mengenai cara membuatnya, silahkan mengikuti langkah bagian dibawah ini secara tepat.

Buat Judul Daftar Isi

Seperti biasa diawal, buatlah judal daftar isi yang berada di tengah atas halaman dengan blok baris tebal.

Anda bisa mengubah stylenya secara manual dari font atau dengan mengarahkan ke tab Home -> Group Tab Style -> Pilih Style -> Save Selection as a New Quick Style -> Berika judul stylenya.

Buat Level Untuk Daftar Isi

Untuk membuat level daftar isi, arahkan ke tab References -> Group Tab Table of Contents. Kemudian pilih Add Text, lalu pilih Level 1. Kemudian buat pula level untuk sub bab, untuk sub bab, pilih Level 2, dan begitu pula seterusnya sesuai kebutuhan.

Mulai Membuat Daftar Isi

Kosongkan pada halaman daftar isi, kecuali judul yang telah dibuat pada langkah pertama. Arahkan ke References -> Group Tab Table of Contents, kemudian klik Insert Tale of Contents.

Pada bagian Show Levels, isi sesuai level yang Anda butuhkan. Setelah itu, daftar isi akan muncul di halaman sesuai yang Anda pilih.

Anda cukup mengeditnya, atau menambah level dengan mengulangi cara yang sama atau klik kanan pada daftar isi, lalu pilih “Update filed -> Update Entire Tablem -> OK

Kesimpulan

Mungkin jika Anda merasa sulit dengan cara diatas, Anda bisa memindai atau copy format daftar isi yang sudah dibuat oleh orang-orang. Format ini bisa Anda unduh melalui situs internet seperti Scribd, google docs, dan lainnya. Selebihnya untuk leveling bisa Anda copy dari baris yang sudah ada kebawah baris untuk mulai level yang baru.

Bagikan